Wednesday, October 24, 2007

Negara Australia (Negara Maju) dipilih sebagai contoh untuk melihat kepadatan dan taburan penduduknya


Gambar peta di atas menunjukkan Jumlah orang yang tinggal di kota-kota utama di Australia
Kira-kira 71% penduduk Australia tinggal di kota yang jumlah penduduknya lebih dari 100.000 orang. Kota-kota ini terdiri atas Sydney, Melbourne, Brisbane, Perth, Adelaide, Newcastle, Canberra, Gold Coast City, Wollongong, Geelong, dan Hobart Australia adalah salah satu negara di dunia yang kebanyakan penduduknya tinggal di kota.

Kebanyakan kota-kota di Australia terletak di sepanjang garis pantai. Gambar peta menunjukkan bahawa kebanyakan orang Australia tinggal di daerah pantai sebelah timur dan selatan. Meskipun ada beberapa kota di daerah pedalaman, di sana penduduknya tidak banyak jumlahnya dan mereka terutama bekerja dalam bidang pertanian dan pertambangan. Perkecualian terhadap keadaan ini adalah kota Canberra, ibukota negara Australia, yakni sebuah kota pedalaman yang penduduknya lebih dari 300.000 orang.

Australia tidak seperti Indonesia dan negara Asia lain yang penduduknya kebanyakan tinggal di kota-kota kecil di daerah pedalaman dan di pedesaan. Meskipun Australia merupakan negara yang amat luas dengan daerah daratan yang besarnya empat kali Indonesia, tidak banyak daerah yang cocok untuk daerah hunian. Daerah-daerah yang paling sesuaiuntuk hunian adalah daerah pantai yang iklimnya nyaman dan curah hujannya cukup. Daerah pantai Australia sebelah utara tidak dihuni oleh banyak penduduk karena iklim tropisnya sangat kering. Daerah pedalaman dan daerah pantai barat Australia terlalu gersang untuk digunakan sebagai daerah pertanian dan daerah hunian.

1 comment:

JOHN Lee said...

oww..originality xde..copy & paste..bleh plagiat ke hasil org?? patten law..